Wednesday, 16 November 2016

NGOBROL BARENG BLOGGER BALI DAN SAKUKU BCA


Hari Kamis, tanggal 27 Oktober 2016 kemarin merupakan salah satu moment bersejarah dalam hidup saya. Tepat pada hari itu, saya dan para blogger di Bali diundang di acara Ngobrol Bareng Blogger Bali di Livingstone Cafe & Bakery yang diselenggarakan oleh BCA dan Bblog, berpartner dengan Blogger Perempuan. Kenapa bersejarah? Tak lain dan tak bukan, karena ini merupakan pengalaman pertama saya menghadiri blogger gathering dan pertama kalinya pula bertemu tatap muka dengan teman-teman blogger Bali. Kebayang dong saya se-excited apa? 

Saat sampai di Livingstone, kami dipersilahkan untuk registrasi sebelum duduk di tempat yang telah dipersiapkan. Setelah registrasi, saya mulai scanning tempat dan sadar kalau dekorasi untuk acara malam itu bagus banget! Penuh bunga-bunga. Duh dijamin akan semangat sepanjang acara deh kalau dekorasinya kece begini. Hehehe.

Dekorasinya super cantik!
Duo MC yang bikin penonton terkikik saking kocaknya
Sebelum acara dimulai, band akustik menemani kami dengan lantunan lagu-lagu yang ear-catchy, sampai dengan acara dibuka oleh duo MC yang super kocak. Kedua MC tersebut mengawali acara dengan kuis, dan surprisingly saya berkesempatan menjawab. Alhamdulillah dapat rezeki voucher MAP, horeee!

Sharing (I) : How to Make Money on Instagram oleh Bli Wahyu

Sesi sharing pertama diisi oleh seorang travel & lifestyle photographer, Bli I Wayan Wahyu Mahendra atau biasa dipanggil Wahyu (IG: @iwwm). Malam itu, Bli Wahyu berbagi ilmunya tentang cara menghasilkan uang dari salah satu social media yang sedang hits, yaitu Instagram. Saya yang juga menggunakan Instagram dalam keseharian, langsung sigap menyimak. 

Bli Wahyu sedang menjelaskan "How to Make Money from Instagram"
Instagram merupakan sosial media yang berisikan foto-foto dari jutaan orang di dunia. Bli Wahyu mengatakan bahwa dari jutaan pengguna Instagram, agar dapat dilirik dan diajak bekerja sama oleh suatu brand, tentunya kualitas konten Instagram pun perlu dijaga. Caranya dengan mengisi feed Instagram kita dengan foto yang bagus dan berkualitas. Untuk mendapatkan foto yang berkualitas, kita harus senantiasa rajin mencari inspirasi misalnya dengan follow akun Instagram yang bermutu dan tentunya sesuai dengan minat kita. Misalnya bagi teman-teman yang suka foto-foto makanan, follow lah food blogger hits yang mampu meng-capture makanan secara menarik; atau bagi yang senang foto pemandangan alam, kalian bisa follow travel influencer di luar sana yang telah memiliki segudang pengalaman travelling. It will be plus point for you if you could get their ‘follow back’. Tapi oh tapi, jangan merengek-rengek minta follow back ya. Terkadang, atau bahkan banyak, orang yang merasa terganggu dengan desakan follow back tersebut.

Tuna Steak, maincourse super yummy yang menemani selama presentasi Bli Wahyu
Kalau sudah posting foto-foto yang bagus, langkah selanjutnya adalah memperkuat engagement dengan para followers. Agar kita memiliki followers yang loyal, jangan malas-malas untuk berinteraksi dengan mereka. Ada baiknya jika setiap komentar dibalas seramah mungkin. They surely will appreciate it! Nah, agar para followers tidak pada ‘kabur’, kita harus rajin update postingan. Uploadlah foto secara rutin.

Bli Wahyu mengatakan bahwa setelah memperbaiki kualitas feed serta meningkatkan engagement dengan followers, beliau mendapatkan kenaikan followersnya secara signifikan. Saat itu lah masa-masa dimana beliau mulai mendapatkan tawaran kerja sama dan menghasilkan uang dari hobinya foto-foto. Beliau menyampaikan juga kalau saat itu, uang yang didapatkannya digunakan untuk travelling. Kenapa harus travelling? Menurut Bli Wahyu, salah satu cara untuk mendapatkan foto yang bagus adalah dengan travelling. Jadi, jangan menganggap bahwa travelling semata-semata sebagai sarana buang-buang uang; justru jadikan moment jalan-jalan itu sebagai kesempatan untuk terus menambah pengalaman fotografi serta mempercantik feed Instagram kita. 

Waw sekali ya? Saya sangat terinspirasi dan bertekad untuk mempraktekan ilmu tentang media sosial ini. Terima kasih banyak pencerahannya, Bli!  

Sharing (II) : Sakuku BCA oleh Amin Laurent

Menyambung topik dari Bli Wahyu yang kerjaannya travelling terus, sharing pun dilanjutkan ke sesi kedua. Mas Amin Laurent, selaku perwakilan dari BCA, menjelaskan tentang aplikasi Sakuku BCA. 


Apa sih Sakuku?

Sakuku adalah layanan dompet elektronik yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi seperti pembayaran belanja, isi pulsa, serta transaksi perbankan lainnya. Mas Amin menuturkan bahwa Sakuku merupakan solusi tepat bagi kaum milenial yang suka hangout atau travelling tapi males ribet. Dengan menggunakan Sakuku, kita gak perlu lagi tuh bawa dompet karena smartphone pun cukup. Jadi ga ada lagi tuh ceritanya panik karena lupa bawa dompet. Yeay!

Kenapa harus menggunakan Sakuku? Keuntungan buat kita apa?

Keuntungannya sangat banyak, nah singkatnya ada tiga keuntungan yang merangkum semuanya itu.
  1. Mudah. Mudah banget karena untuk memiliki dompet elektronik Sakuku ini, kita hanya perlu download di App Store bagi pengguna iOS atau di Play Store bagi yang menggunakan Android. 
  2. Praktis. Di Sakuku, nomor handphone digunakan sebagai nomor kepemilikan akun Sakuku. Praktis banget kan, hanya dengan modal nomor handphone kita bisa langsung registrasi Sakuku. Bagi yang belum memiliki rekening BCA pun bisa menikmati fasilitas Sakuku ini, selama memiliki smartphone. Gak pakai ribet. Zaman sekarang, siapa sih yang gak suka hal praktis? 
  3. Gratis. Ini nih yang paling wajib diketahui: seluruh administrasi Sakuku itu gratis! Termasuk biaya administrasi bulanannya. 

Creme Brulee Cheese Cake menemani saya selama paparan Mas Amin
Sakuku bisa digunakan untuk apa saja ya?

Fitur dari aplikasi Sakuku ini sangat beragam, diantaranya adalah:
  • Bayar Belanja. Dengan menggunakan Sakuku, kita bisa bayar belanjaan baik di toko offline maupun online yang telah bekerja sama menjadi merchant Sakuku. Cara bayarnya pun seru banget, kita tinggal scan barcode (QR Code) yang dikasih sama kasir trus input PIN sebagai pengaman sudah deh transaksi berhasil.
  • Isi Pulsa. Gak usah khawatir kalau tiba-tiba kehabisan pulsa disaat urgent, karena dengan Sakuku kita bisa isi pulsa dengan mudah. Selain mengisikan pulsa pribadi, kita juga bisa lho berbaik hati mengisikan pulsa teman. Bahkan nih ya.. Bisa juga minta pulsa ke teman yang ada di friendlist kontak Sakuku lho. Hehehehe.
  • Transfer. Kita bisa melakukan transfer atau meminta transfer ke teman Sakuku, dengan jumlah transfer minimalnya Rp 5.000. Untuk mengaktifkan fitur ini, kita perlu upgrade menjadi Sakuku Plus terlebih dahulu ya.
  • Split Bill. Siapa yang kalau habis hangout dengan teman-teman seringkali ribet bagi-bagi tagihan? Dengan fitur split bill, kita bisa berbagi tagihan secara merata dengan teman-teman Sakuku kita ataupun dibagi sesuai tagihan dengan maksimal 9 orang teman kita. Asyik banget ya! Jadi praktis setiap kali patungan bayar dengan teman. Untuk menggunakan fitur ini, kamu dan teman kamu harus sudah mengaktifkan Sakuku Plus. Ayo ajak temen-temen kamu aktivasi Sakuku Plus biar hangoutnya makin seru.
  • Tarik Tunai. Nah ini dia salah satu fitur favorit saya. Tanpa kartu, kita bisa melakukan penarikan tunai di ATM BCA berlogo Sakuku. Kalau sudah aktifkan Sakuku Plus, kita bisa menarik uang kelipatan Rp 50.000 dengan maksimal Rp 1.250.000.

Banyak banget ya fiturnya!

Kalau sudah transaksi Sakuku berkali-kali, akan ada saatnya dimana saldo Sakuku kita habis dan kita perlu top-up kan. Untuk top-up bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu melalui ATM BCA, KlikBCA Individu, serta m-BCA di BCA mobile melalui menu Transfer Sakuku.

Untuk menjadi Sakuku Plus ada beberapa opsi yang bisa kita lakukan:
  1. Otomatis via Sakuku bagi pengguna m-BCA. Jika nomor Sakuku sama dengan nomor m-BCA, maka bisa langsung melakukan aktivasi Sakuku Plus.
  2. Menu aktivasi Sakuku Plus. Kalian juga bisa mengaktifkan Sakuku Plus melalui menu Aktivasi Sakuku Plus di menu Pengaturan atau dengan cara mengakses fitur yang masih berwarna abu-abu seperti Transfer, Split Bill, dan Tarik Tunai.
  3. Datang langsung ke Cabang BCA. Untuk kalian yang belum memiliki rekening di BCA, kalian bisa lansung datang ke cabang BCA terdekat dengan membawa KTP dan juga smartphone yang sudah terpasang aplikasi Sakukunya.
__


Setelah paparan oleh Mas Amin Laurent, acara dilanjutkan dengan penampilan stand up comedy oleh M. Lutfi. Seluruh ruangan terhibur oleh lawakannya yang super kocak, terutama seorang anak kecil yang posisi duduknya tepat di belakang saya. Dia ketawa terbahak-bahak sampai hampir menangis saking gelinya hahaha. Terima kasih, Mas Lutfi atas hiburannya! Setelah stand up comedy, acara ditutup dengan sesi foto bersama. 

Foto Bersama Sebagian Teman Blogger Bali
Banyak sekali ilmu dan teman-teman baru yang saya temukan pada hari itu. Seneng banget! Terima kasih BCA, Bblog dan Blogger Perempuan atas kesempatannya untuk hadir di acara super kece ini. :)


6 comments:

  1. Kapan ada acara seperti itu lagi ya Mbak?
    thank

    ReplyDelete
  2. Hai Nabila,

    Seru banget acaranya dan perut puas hihihihihi....
    udah sering denger temen ngmg pake sakuku, ternyata ini toh manfaaatnya. pantesan temenku sering ke chattime tp bayar sakuku.

    download ah..

    alsheilaaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. wah serunya bsia kumpul dan dapat ilmu

    ReplyDelete
  4. Aku gak adaa *ngambek*

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  5. wah seru ya mbak acaranya. Kemaren ada di Pekanbaru, tapi nggak ikut huhu.

    ReplyDelete